Trik Aman dan Nyaman Menggunakan WiFi Publik


Tingkatkan Keamanan Perangkat
Sebelum menggunakan akses WiFi publik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan keamanan ke dalam perangkat laptop Anda. Anda dapat melakukan beberapa langkah seperti menonaktifkan fitur computer sharing agar orang lain tidak dapat mengakses data di dalam perangkat saat menggunakan jaringan WiFi yang sama. Bagi Anda pengguna perangkat yang dijalankan pada OS Windows 8, Anda dapat masuk ke menu control panel, kemudian klik network and Intenet. Setelah itu, buka pilihan choose homegroup and sharing option untuk mematikan fitur sharing. Sementara Anda pengguna Mac OS X, Anda dapat masuk ke menu system preferences, pilih sharing dan hapus semua centang yang ada di dalamnya

Pergunakan Jaringan yang Dikenal
Saat ingin menggunakan jaringan WiFi publik di sebuah kafe atau restoran, hindari penggunaan WiFi secara asal. Tanyakan terlebih dulu pada pengelola mengenai jaringan yang disediakan khusus untuk para pelanggan. Dengan menggunakan akses WiFi yang jelas, Anda dapat menghindari jebakan WiFi yang menggunakan nama yang mirip, sehingga menghindari ancaman yang akan menyerang perangkat Anda.

Gunakan HTTPS
Menggunakan HTTPS juga dapat mengamankan data Anda dari pihak tidak bertanggung jawab, terlebih saat mengakses situs perbankan atau situs yang memuat data penting di dalamnya. Jika halaman tidak berubah secara otomatis, Anda dapat memasang add-on yang disediakan oleh market browser yang nantinya akan bekerja dengan mengenkripsi data.

Aktifkan Firewall Anda
Firewall dapat mengawasi koneksi internet yang masuk maupun keluar. Walaupun proteksi yang diberikan Firewall tidak secara menyeluruh, namun Firewall dapat membantu Anda menggunakan WiFi publik dengan aman. Untuk mengaktifkannya, masuklah ke Control Panel, klik Windows Firewall, lalu klik Turn Windows Firewall On atau Off. Selanjutnya, lakukan verifikasi bahwa Windows Firewall aktif dengan memasukkan kata sandi dari administrator Anda.

Ubah Koneksi dengan VPN (Virtual Private Network)
Cara yang terakhir adalah dengan mengubah koneksi dengan VPN (Virtual Private Network) dengan memasang sejumlah program atau aplikasi seperti Hotspot Shield atau OpenVPN. Kedua program tersebut bekerja untuk mengubah IP address menjadi anonim, mengenkripsi semua situs yang memuat data penting menjadi HTTPS, memungkinkan Anda dapat mengakses situs terblokir dengan aman, melindungi perangkat dari malware, phishing, spam, dan situs berbahaya lainnya, serta mengaktifkan keamanan Wi-Fi guna mencegah hacker mencuri informasi pribadi Anda.

Cukup mudah bukan langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan jaringan WiFi publik dengan aman? Selain dapat mengamankan data yang tersimpan ke dalam perangkat, langkah tersebut dapat mencegah berbagai virus yang akan masuk ke dalam website saat memasukkan file dan data melalui server web hosting Indonesia.


I Love Her
Next
Previous
Click here for Comments

1 komentar:

avatar

NGGA PENTING POSTINGANNYA...... :v